Puncak Tertinggi Bulan Melebihi Everest

Wahana Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA yang tengah mengorbit bulan berhasil menunjukkan titik tertinggi di bulan. Titik tersebut merupakan dataran tinggi di dekat kawah Engel'gradt yang memiliki diameter 27 mil. Diketahui, ketinggian tempat tersebut adalah 35.360 kaki (sekitar 10.000 meter) atau sekitar 6.400 kaki (1938 meter) lebih tinggi dari Everest.

LRO memiliki alat penembak sinar laser yang mampu mengukur ketinggian permukaan bulan. Data dari LRO ini dibandingkan dengan gambar stereo permukaan bulan yang diambil pada tanggal 12 Agustus 2010. Cara tersebut memungkinkan ilmuwan untuk mengukur secara tepat ketinggian dan koordinat dari titik tertinggi di bulan ini.

Ketinggian tempat yang ditemukan dalam observasi ini dihitung secara relatif dengan ketinggian rata-rata permukaan bulan. Cara tersebut dilakukan sebab ilmuwan tak memiliki acuan untuk menentukan ketinggian bulan, tak seperti pengukuran ketinggian di Bumi yang berpatokan pada permukaan laut.

Berbeda dengan proses geologi pembentukan Everest yang memakan waktu puluhan juta tahun, tempat tertinggi di bulan ini diperkirakan terbentuk hanya dalam hitungan menit. Tempat ini terbentuk akibat adanya asteroid yang menumbuk kutub selatan bulan sekitar 4 miliar tahun yang lalu

Dikutip dari : www.kaskus.us

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?