Indonesia Doyan Online via Ponsel

Jakarta - Menjelajah internet memang bisa dari mana saja. Tak terbatas pada komputer --desktop maupun laptop-- tapi juga bisa melalui ponsel. Survei Opera menyelidiki perilaku 300.000 responden dari usia muda 18-27 tahun.

Seperti dikutip detikINET dari News Factor, Minggu (28/11/2010), 90 persen responden di negara-negara berkembang seperti Nigeria, Afrika selatan dan Indonesia ternyata lebih gemar mengakses web dari ponsel.

Dalam laporan tersebut, Opera juga menyebutkan pengguna Opera Mini kebanyakan menggunakan ponsel biasa dan bukan smartphone.

Sementara negara barat seperti Amerika serikat, Polandia, Jerman dan Brasil dilaporkan masih memilih desktop maupun laptop sebagai sarana utama akses internet.

Hasil survei tersebut diakui Opera jadi tantangan agar Opera Mini bisa berdampingan dengan ponsel pintar. Smartphone diyakini akan menjadi pendorong utama penggunaan internet melalui ponsel di seluruh dunia.

Namun seorang analis dari Current Analysis, Avi Greengart mengatakan kesimpulan laporan tersebut kurang relevan. Pasalnya survei itu hanya menunjukkan berapa banyak pengguna browser Opera Mini dan tidak ada kaitannya dengan ponsel apa yang digunakan.

"Apple, Android, BlackBerry dan perangkat Symbian datang dengan browser miliknya sendiri. Pengguna ponsel bisa saja mengunduh Opera tapi survei yang dilakukan Opera lebih menunjukkan persentase pengguna yang menggunakan ponsel biasa," kata Greengart.

"Saya tidak ingin mengurangi nilai survei ini. Namun sangat penting untuk dipahami bahwa informasi yang paling penting adalah tentang pengguna browser Opera dan bukan jenis ponsel yang digunakannya," tutup Greengart.

Dikutip dari : www.detikinet.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?