Ekosistem Microsoft Dalam Genggaman

Jakarta - Windows Phone 7 memang dirancang Microsoft untuk menyatukan semua ekosistemnya dalam sebuah genggaman. Kita bisa mengetik via Office, berkirim email via Outlook, menikmati konten multimedia dengan Zune, bermain game lewat Xbox Live dan sebagainya. Selain itu, Microsoft secara default menggunakan browser Internet Explorer dan mesing pencari Bing.

Yang pertama adalah Microsoft Office yang hadir dengan desain lebih segar. Office mobile WP7 ini memang masih memiliki kendala utama perihal isu copy-paste.

Pengguna yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office tentu tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Dalam hub Office ini, pengguna langsung bisa mengakses Word, Excel, Power Point dan One Note dalam sebuah layar yang cukup responsif. Begitu juga dengan Outlook, pengguna bakal bisa melakukan sinkronisasi Outlook mereka.

Kedua adalah soal Zune. Bagi yang belum mengenal, Zune merupakan portal hiburan multimedia, layaknya iTUnes milik Apple. Zune bisa diakses baik dari dalam handset WP7, ataupun dari PC melalui sinkronisasi dengan menginstall Zune software terlebih dahulu.

Dalam Zune, pengguna bisa memilih opsi: music, video, podcast, radio, serta marketplace. Music dan Video berisi tentang koleksi lagu dan video pribadi yang telah disimpan ke dalam ponsel. Sama seperti produk lain, saat suatu lagu dimainkan, ponsel ini secara otomatis akan mencari gambar sang artis untuk dijadikan background. Bagi yang gemar berbelanja musik online, masuk saja ke Marketplace, otomatis lagu yang diunduh bakal tersimpan di Zune kita.

Yang terakhir adalah lemari game bernama Xbox Live. Xbox Live berisi koleksi game yang telah diunduh pada ponsel kita. Aplikasi ini juga menyediakan avatar gadget yang cukup lucu, serta Xbox Live Extras yang memungkinkan kita berinteraksi dengan pengguna Xbox lain.

Satu poin penting yang perlu dicatat dalam Xbox Live, Microsoft tampaknya sangat serius dalam membawa platform game ini ke ponsel mereka. Terbukti beberapa game yang cukup laris adalah versi berbayar. Bahkan kebanyakan game dalam Xbox Live adalah versi berbayar tak seperti Android.

DetkINET sempat menjajal beberapa games yang cukup populer seperti: Need For Speed Undercover, game action RPG futuristik The Harvest, The Sims 3, Earthworm Jim HD, serta Guitar Hero 5. Semua game itu tegolong memiliki grafis kelas 'berat', dan merupakan game serius (bukan game ringan seperti Angry Bird) yang membuat penggunanya betah berlama-lama di depan HTC 7 Mozart. Dan tampaknya Mozart dapat menghandle secara baik semua game tersebut.

Sayangnya, semua itu adalah versi trial karena sistem pembayaran Xbox Live belum support bagi negara Indonesia. Semoga Microsoft Indonesia segera memperbaikinya di kemudian hari.

Dikutip dari : www.detikinet.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?