iPhone 'Disulap' untuk Perangi Kanker Kulit

Jakarta - Australia memiliki cara unik guna memerangi ancaman kanker kulit. Yakni dengan bantuan ponsel pintar besutan Apple, iPhone. Bagaimana bisa?

Ya seperti biasa, kemampuan lebih iPhone seperti untuk memerangi kanker kulit ini bisa didapat setelah gadget tersebut dibenamkan dengan sebuah aplikasi khusus.

Nah, nama aplikasi tersebut adalah SunSmart. Sesuai namanya, aplikasi ini ada sangkut-pautnya dengan sinar matahari. Pasalnya, penyebab kanker kulit yang paling utama adalah sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Ke depannya, SunSmart diharapkan dapat menjadi sistem peringatan dini. Maksudnya seperti ini, aplikasi tersebut kan sudah terintegerasi dengan GPS.

Jadi ketika pengguna aplikasi ini tengah berada di suatu tempat, SunSmart dapat mendeteksinya serta memberitahu keadaan sinar UV yang tengah terpancar di lokasi pengguna itu berada.

Jika kira-kira matahari tengah terik-teriknya dan mengeluarkan sinar UV yang melebihi batas normal, maka aplikasi tersebut bisa memberi rekomendasi kepada pengguna untuk menggunakan krim tabir surya.

"Hal bagus dari aplikasi ini adalah Anda dapat membawanya di kantong. Anda tidak perlu membukanya di komputer," ujar Sue Heward, Manager SunSmart, dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (26/11/2010).

Menurut data Komisi Kanker setempat, Australia adalah salah satu negara dengan tingkat penderita kanker kulit terbesar di dunia, dengan 1.850 orang penderita setiap tahunnya. Angka ini bahkan lebih besar ketimbang jumlah korban kecelakaan lalu lintas di sana.


Dikutip dari : www.detikinet.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?