BAB 1 PENDAHULUAN

Bab 1
PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG

Beberapa tahun terakhir telah banyak dilakukan penelitian dan implementasi Power Line Communication (PLC), yaitu pemanfaatan saluran daya listrik sebagai media pengiriman data. Sistem PLC ini cukup menarik digunakan karena menggunakan infrastruktur yang telah ada dan cakupan luas sehingga tidak perlu pengkabelan baru.
Dengan menggunakan media aliran kabel – kabel listrik, komunikasi dua arah dapat dilakukan untuk berbagai bentuk informasi. Informasi ini dapat berbentuk data, gambar , maupun suara. Pemakaian internet melalui arus listrik mempunyai keunggulan yakni lebih cepat diakses dibanding melalui konvesional dan jelas lebih murah karena hanya mengandalkan arus listrik. Fasilitas ini dapat digunakan di seluruh ruangan selama ada jaringan listrik. Pengguna cukup menghubungkan kabel telepon ke stop kontak listrik menggunakan PLC. Penerapan teknologi PLC diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi data yang mudah dan efisien disekitar lingkungan perumahan dan perkantoran.
Dalam penulisan ini, akan di analisa penerapan teknologi PLC pada jaringan komputer serta pengujiannya. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahuin cara kerja dan kestabilan dari PLC dengan menggunakan stabilizer. Pengujian dilakukan untuk mengetahui unjuk kerja dan kestabilan dari PLC dengan menggunakan stabilizer listrik..

1.2 BATASAN MASALAH

 PLC bridge yang digunakan hanya PLC bridge pada jaringan komputer yang diujikan.
 Performasi yang diujikan hanya kestabilan jaringan ( transfer rate ) di tempat , waktu , dan panjang kabel yang berbeda.
 Hanya 2 ( dua ) komputer dalam jaringan yang diujikan.
 Tempat pengujian liingkungan perumahan ditempat kediaman penulis.
 Applikasi yg digunnakan :
 Net Meter (Grafik) , Bandwith Monitoring dan DU Meter (Stopwatch)
 Perangkat :
 Stabilizer
 Penghubung listrik :
 JAHT

1.3 TUJUAN
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah menganalisa jaringan komputer menggunakan teknologi PLC dan untuk mengetahui kinerja teknologi PLC pada jaringan komputer.

1.4 METODE PENELITIAN

a. Pengumpulan data
Penulis melakukan pengumpulan data yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi yang bersumber dari buku-buku maupun internet.

b. Pemilihan Software dan Penggunaan Hardware
Penulis menggunakan software yang sudah ada yaitu Net Meter (Grafik) , Bandwith Monitoring dan DU Meter (Stopwatch). Sedangkan hardware yang digunakan adalah 2 perangkat komputer dengan spesifikasi Intel Inside Pentium 4, CPU 500 GHz, dan RAM 512 MB dan VGA 128MB, 2 perangkat Stabilizer , serta 2 penghubung listrik JAHT.

c. Proses Analisa
Penulis melakukan analisa terhadap jaringan arus listrik PLC yang diterapkan pada sistem jaringan komputer

d. Uji Coba
Uji coba dilakukan dengan menganalisa kestabilan jaringan PLC dalam jaringan komputer dengan menganalisa kecepatan dengan berbagai uji coba yaitu panjang kabel,waktu,serta besar ukuran file tersebut.


1.5 SISTEMATIS PENULISAN

BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini terdiri dari 5 ( lima ) sub bab yang terdiri dari latar belakang , batasan masalah , tujuan , metode penelitian , serta sistematis penulisan dari penulisan ilmiah ini.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan penjelasan tentang hal – hal yang berhubungan dengan teknologi PLC yang membantu dalam tercapainya penulisan ini yang terdiri dari penjelasan tentang apa itu teknologi PLC, komponen – komponen dari PLC , kendala – kendala yang ada dan pengaplikasian dari teknologi PLC itu sendiri.

BAB III : ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH
Bab ini berisikan tentang pengujian teknologi PLC pada jaringan komputer dan menganlisa kestabilan komunikasi data serta perfomansi teknologi tersebut.

BAB IV : PENUTUP
Bab ini berisikan tentang hasil akhir berupa kesimpulan hasil penulisan serta saran.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?