perencanaan

Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.

Stephen Robbins dan Mary Coulter mengemukakan empat tujuan perencanaan.
Tujuan pertama adalah untuk memberikan pengarahan baik untuk manajer maupun karyawan nonmanajerial.
Tujuan kedua adalah untuk mengurangi ketidakpasti.
Tujuan ketiga adalah untuk meminimalisir pemboros.
Tujuan yang terakhir adalah untuk menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya, yaitu proses pengontrolan dan pengevalusasian.


jika tujuan diatas dapat terpenuhi dah bisa di jalankan dalam suatu organisasi maka suatu organisasi akan berjalan denganbaik dan dapat mencapai hasil yang di inginkan atau dapat mencapai sasaran dari suatu organisasi.
karena setiap organisasi butuh perencannan yang matang karena jika setiap organisasi tidak memiliki perencanaan kerja suatu organisasi akan kehilangan arah tujuan mereka dan suatu organisasi tidak akan bertahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat public.
karena setiap organisasi dibentuk untuk mencapai suatu hasil yang sempurna dan bermanfaat maka dibutuhkan pula suatu rencana kerja yang baik dan terarah.


dikutip dari wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?