Visi dan Misi Dalam organisasi

Dalam sebuah organisasi atau suatu lembaga, visi dan misi merupakan sebuah kunci utama untuk menjalankan segala kegiatan dalam organisasi/ lembaga tersebut. Visi dan misi berada dalam urutan paling atas sebelum perencanaan dalam organisasi.

Visi menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai oleh organisasi. Visi bisa dikatakan sebagai impian atau cita-cita organisasi. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa oleh public

Misi merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan atau fungsi yang diemban oleh suatu organisasi untuk mencapai visi yang sudah dirancang. Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan organisasi di masa mendatang.

Misi organisasi berisi tentang alasan utama keberadan organisasi atau lembaga. Falsafah, tata nilai dan kultur organisasi juga tercemin dari misi organisasi tersebut

tapi terkadang banyak orang yang lupa akan pentingnya visi dan misi dalam membangun suatu organisasi

ada 5 faktor penting dalam membuat visi dan misi:
1. Sejarah
2. Preferensi masa kini
3. Lingkungan pasar
4. Sumber daya
5. Kompetensi yang membedakan

unsur-unsur utama penyusunan misi sebagai berikut:
1. Penekanan pada hal-hal yang terbatas kuantitasnya
2. Penekanan pada kebijakan dan nilai utama yang ingin dihormati
3. Mendefinisikan lingkup kompetensi utama seperti industri, produk, kompetensi, segmen pasar, vertical dan geografis.

contoh beberapa visi dan misi sebuah organisasi atau perusahaan yang baik:

Caltex Pasific Indonesia:

“as a business partner with Pertamina, Caltex Pasific Indonesia will effectively explore and develop hydrocarbon for the benefit of Indonesia and its shareholders.”

Motorola Company:
“Tujuan Motorola adalah dengan bangga melayani kebutuhan masyarakat dengan menyediakan produk dan pelayanan kualitas tinggi dengan harga yang pantas bagi pelanggan kami; dalam rangka memperoleh laba yang memadai untuk pertumbuhan perusahaan dan dengan demikian menyediakan peluang bagi karyawan dan pemegang saham kami untuk mencapai tujuan pribadi mereka yang wajar.”

dikutip dari Google.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © Hi World?